Sabtu, 20 November 2010

Indonesia Banget!!!

Kalau mau tau lagu apa yang lagi nge-trend di Indonesia, coba masuk bis-bis kota, atau nongkrong di lampu merah. Di sana pasti hilir mudik pengamen nyanyiin lagu-lagu yang emang lagi merakyat di kuping kita. Kalau mau tau artis sinetron siapa yang lagi nge-hits sekarang ini, masuk aja ke mangga dua atau tanah abang. Pasti kita bakal denger saut-sautan teriakan penjual nawarin dagangan mereka semacam : Baju luna maya-nya kakaak!! Rok manohara-nya bundaaa!!! Masuk aja, ada ukuraan!! Atau baju sinta-jojonya kakaak!! Waktu kunjungan Michelle Obama ke Masjid Istiqlal kemarin, nggak lama langsung ada yang jual kerudung Michelle Obama. Nah mau tau sekarang barang apa yang lagi nge-trend di pasaran?? Wig Gayus. Indonesia banget!!

Pas jalan-jalan ke tanah abang dulu, aku liat ada baju warna ungu digantung di atas. Aku inget, dulu kalo model baju kayak gini, namanya baju Luna Maya. Model bajunya kayak baju kelelawar gitu. Ngomong-ngomong sejak kapan kelelawar pake baju?? Nah iseng aja nih, aku tanya sama pelayan tokonya :

“ itu baju Luna Maya ya??”

“ bukan kakaak. Itu baju syahrini..”

GLEG!! Sejak kapan ini jadi baju Syahrini??? Perasaan dulu namanya baju Luna Maya.. apa bedanya? Dan setelah kuperhatikan lagi. Oh mungkin bedanya, yang ini kerahnya lebih lebar, jadi kalo dipake tuh bahunya keliatan sebelah gitu. Itu aja sih bedanya.

“mau dicoba kakaak??”

“ini gimana caranya pake ini terus pake jilbab??”

“oiya yah..”

“………….”

Kayaknya emang dengan embel-embel nama artis ini, baju-baju bakal lebih laris gitu ya, nggak tau juga sih.

Indonesia itu target marketing yang paling bagus. Bener nggak sih?? Asal barang yang dijual itu murah dan ada embel-embel diskon gitu, pasti orang-orang langsung berbondong-bondong nge-beli. Produk HP misalnya. Beberapa waktu lalu, Esia kalo nggak salah, ngeluncurin produk HP internet murah. Harganya 100 ribu. Tapi khusus di 1 hari itu aja. Alhasil ribuan orang langsung dateng ke pusat perbelanjaan buat nge-beli HP itu. Padahal beberapa di antara mereka mungkin udah punya HP, Cuma mumpung lagi ada yang murah aja makannya mereka pada beli.

Tapi ternyata nggak Cuma untuk produk yang murah aja. Dulu sempet ada diskon sandal impor merek crocs. Orang-orang sampe ngantri panjang banget buat beli sandal ini. Padahal setelah di-diskon pun harganya tetep aja mahal. Untuk sepasang sandal jepit karet harga 300ribuan. Diliat-liat, apa istimewanya merk ini?? Ini kan Cuma sandal bahan karet gini. Apa karna merk luar negeri gitu??

Sekarang ini, orang lagi heboh sama Magnum. Aku sebagai pecinta ice cream, mulai resah karena kehadiran Magnum ini.. *halah*. Diawali dari iklan yang fenomenal itu. Fenomenal?? Nggak juga menurutku. Iklannya biasa aja. Cuma seorang cewek yang lagi jilatin magnum sambil ketawa-ketawa girang trus orang-orang berbondong-bondong ikut sorak sorai kegirangan. That’s it. Eh tapi promosinya itu loh yang gila-gilaan. Masyarakat Indonesia banyak banget yang punya akun jejaring sosial semacam facebook dan twitter. Dan Magnum pintar sekali melihat peluang emas ini.

Jadi si Magnum ini membuat semacam aplikasi di twitter dan facebook. Kalo di Twitter, kita bisa pake aplikasi ini dengan cara masuk ke web, trus avatar (profil pict) kita bisa seolah-olah kena lumeran Coklat Belgian. Itu loh coklat tebel yang jadi lapisan ice cream magnum. Nah kalo di facebook, aplikasinya beda lagi. Windows kita yang lagi nge-buka facebook bisa seolah-olah kejatuhan lumeran coklat Belgian itu. Nah ini dia yang bikin ngiler.

Jadi sebenernya yang dijual magnum itu ice cream-nya atau coklat belgiannya?? Nggak tau juga, yang jelas toko-toko semacam alfamart, indomart, dan toko kelontong serentak kehabisan stok Magnum!! Sampe-sampe kalo kita clingak-clinguk di depan box ice cream Walls, pelayan tokonya udah tau lho kalo kita nyariin Magnum! Padahal kita belom bilang apa-apa nih. Bahkan banyak toko yang akhirnya buat tulisan “MAGNUM HABIS” trus di tempel di depan toko. Katanya setiap stok dateng, orang-orang pada ngeborong belinya, jadi cepet abis. Kalo mau, nunggu minggu depan, stoknya dateng lagi. Ebuset!! Padahal harganya 10ribu gitu!! Lebih mahal dari ice cream Conello yang selama ini paling laris!!

Ini yang namanya budaya konsumtif bukan?? Sebenernya nggak beli pun nggak buat kita mati juga kan?? mau semahal apa juga, banyak masyarakat Indonesia yang berusaha banget buat ngedapetin produk itu. Jadi memasarkan barang di Indonesia sebenernya nggak susah-susah amat ya, bisa ditebak kok mana yang bakal laris, mana yang nggak.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar