Senin, 04 April 2011

Kehebohan di Subuh Buta

Tanggal 1 April di subuh buta kemaren aku kebangun gara-gara pengen pipis. Sambil kucek-kucek mata dan langkah terhuyung-huyung aku langsung menuju kamar mandi, ah coba deh kalo masih bayi, nggak bakal mikir dua kali buat pipis di kasur :p


Keluar dari kamar mandi (masih dengan langkah terhuyung-huyung) aku balik lagi ke tempat tidur, tiba-tiba perasaan langsung nggak enak. Sempet ngerasa aneh sama suara-suara kendaraan dan sirine di jalan raya deket rumah, tapi tetep cuek buat merem dan melanjutkan mimpi yang tadi masih to be continued .


Belum nyenyak bener, mama dari lantai bawah teriak-teriak manggilin aku yang tidur di lantai atas, belum sempet kurespon, mama udah diem. Aku yang masih ngantuk, tetep konsisten dong ngelanjutin tidur.


Nggak lama, mulai kedengeran suara-suara tetangga yang ribut di luar. Kayaknya..ada yang nggak beres ini, ngapain sih subuh-subuh buta pada ribut??akhirnya (ya..akhirnya..) aku beranjak juga dari tempat tidur, turun ke bawah dan curiga liat pintu rumah kebuka, aku liat di luar, tetangga-tetangga udah pada keluar rumah. Dengan polos aku tanya ke mama “ada apaan sih ma??”


“itu lho tanki pertamina meledak!!”

“HAH???!!!” karna waktu itu 1 april, aku sempet mikir ini april mop, mungkin nggak sih itu api cuma tipuan, trus ntar manager pertamina tiba-tiba keliling cilacap dan teriak “APRILLL MOOP!!!”


Ok, itu nggak mungkin.


Aku langsung ngikut nimbrung ke luar rumah trus memandang ke arah lokasi pabrik pertamina yang letaknya sekitar 2 atau 3 km dari rumah. Bener aja, itu api gede banget dan asap hitam udah setinggi langit (ya secara yang meledak tanki minyak). Ini bukan pertama kali tanki pertamina RU IV Cilacap meledak, dulu sempet juga meledak, bahkan nyampe beberapa tanki yang kebakaran, alhasil, kita berasa kaya hujan abu. Item semua udaranya, dan orang-orang pun pada ngungsi.


Yang aku heran pagi itu, orang-orang bukannya menjauhi lokasi kebakaran malah mendekat ke sana. Harusnya kan mereka pergi ngungsi kemana gitu, kayak aku misalnya yang pagi itu niat mau sepedaan ke laut. Emang udah dari malemnya aku niatin mau sepedaan ke laut, tapi sempet mikir juga sih, lucu kali ya kalo orang-orang pada heboh menuju tanki pertamina, sedangkan aku malah mau sepedaan ke laut, ini baru namanya anti mainstream!! Hihi, dengan konsisten aku siap-siap mau ke laut pagi itu, pas pamit sama ortu, mama langsung histeris.


“tanki lagi meledak kamu malah mau sepedaan ke laut???”

“tapi aku kan sepedaan-nya ke laut..kan jauh dari tanki..”

“di jalan itu lagi rame lho orang-orang pada ke tanki”


Yah…akhirnya nggak jadi deh sepedaan ke laut. Ini cuma di Cilacap atau gimana ya, tapi peristiwa ledakan tanki ini malah jadi tontonan gratis warga Cilacap, mereka berbondong-bondong sekeluarga menuju lokasi deket tanki yang meledak, ada juga yang sambil gelar tiker, buat duduk-duduk di sana, terus nggak ketinggalan dong para banyak tukang cendol, pop ice, siomay, pada jualan di sana. Huwawww… @-@


Ok, walaupun api di tanki belom reda, bahkan katanya mulai merambat ke tanki lain, tapi warga udah tenang dan nggak heboh lagi, kehebohan pun mereda. cuma satu aja sih yang bikin penasaran, itu reporter metro tv yang ngeliput tentang tanki meledak kira-kira nginep dimana ya?? Ganteng!!! hahaha


Hari Senin tanggal 3 April, kehebohan subuh buta kembali terjadi. Jam 3 pagi aku kebangun (lagi-lagi karna pengen pipis) tapi nggak kayak kemarin yang langsung ke kamar mandi, aku sempet bengong gara-gara berasa tempat tidur goyang-goyang gitu. Masak sih gempa? Nggak lama, denger suara “TANG..TANG..TANG…TANG…!!” kayak kayu dipukul-pukulin ke tiang besi. Aku langsung ngelongok dari jendela kamar, tetangga-tetangga pada keluar rumah. Duh, another drama??


Aku inisiatif langsung turun ke bawah terus ngetok-ngetok pintu kamar ortu. Waktu itu jam 3 pagi. Ortu nggak ngerasain ada gempa, aku langsung masuk ke kamar mereka dan….numpang pipis di kamar mandi :D. ortu keluar rumah liat situasi, dan ternyata sepi-sepi aja. Loh! Padahal tadi aku liat tetangga pada keluar, jangan-jangan yang aku liat dari jendela tadi…ngg….ss-s-siapa??!!


“yah tadi aku liat pada keluar rumah, nggak ada apa-apa ya? Ya udah aku tidur aja lagi deh”

Aku langsung naik ke atas lagi, nggak lama mama teriak-teriak dari bawah.

“turun!! Tadi itu gempa!!katanya potensi tsunami!!”

“HAH?? Beneran gempa??!!”


Masih pake daster, aku langsung turun ke bawah dan keluar rumah, tapi langsung dicegat mama.

“sisiran dulu sana!”

Hah?? Ini bahaya tsunami sedang mengancam kenapa aku harus repot sisiran??! Antara panik dan geli, aku langsung nyari sisir. Ok, rambut udah rapi, sekarang aku bisa ikutan heboh sama tetangga.


Tetanga pada heboh ngungsi, apalagi warga yang tinggal di deket laut, semua pada heboh menuju ke daerah jambusari atau jeruklegi yang datarannya lebih tinggi. Padahal baruuu aja kemarin minggu pagi aku sepedaan ke laut dan laut keliatannya tenang gitu.


Gara-gara tetangga pada panic, mama latah ikutan panik pengen ikut ngungsi, mama langsung ganti baju, siapin tas, papa disuruh nyiapin mobil, aku disuruh ganti baju. tapi kalo dipikir2 emang kita mau ngungsi kemana? Kalo emang ada tsunami kan kita bisa pada naik ke lantai atas aja? Ah tapi namanya juga pada panik, akhirnya aku nurut aja, ganti baju dan siap segala rupa sambil terus pantengin metro tv, kenapa metro tv? Ya, gara-gara masih penasaran sama si reporter ganteng, dan Aha! Dia lagi dong yang ngeliput tentang gempa, di reportase-nya dia bilang “kami sekarang berada di dekat hotel tempat kami menginap di RE.Martadinata..bla..bla..” dengan sigap langsung ku catet. Oh jadi dia nginep di RE.Martadinata!! *salah focus* hey, harusnya aku focus ke berita tsunami-nya! Baiklah, akhirnya peringatan tsunami dicabut, warga mulai mereda dan balik ke rumah masing-masing.


Di rumahku pun semua kembali tenang, mama mulai masak, papa balik tidur lagi sambil dengerin radio. Iseng aku nyeletuk lagi.

Me : “mama..papa..aku mau sepedaan ke laut!!!”

Mama + papa : *pingsan*



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar