Rabu, 02 Maret 2011

BOLA


Ok sekarang kita ngomongin sepak bola. Terus terang, yang aku tahu dari permainan sepak bola ini cuma satu. 22 pemain ngerebutin bola sampai bolanya masuk ke gawang. Iya, itu namanya gol. Aku nggak pernah ngerti teknik main bola, peraturan ini itu bahkan sekarang yang lagi heboh dibicarain yaitu nurdin halid.aku nggak ngerti dan nggak berminat untuk mencari tahu lebih jauh lagi tentang masalah-masalah itu.


Tapi satu hal yang aku ngerti adalah bahwa bola ini bisa mempersatukan bangsa, meningkatkan nasionalisme kita, tapi bola juga bisa bikin bangsa kita hancur karena terlalu banyak demo dan tawuran antar supporter. Iya. Cuma gara-gara bola. Siapa pun pencipta bola bundar ini atau permainan sepak bola pasti awalnya nggak pernah kepikiran kalo sepak bola ini bisa jadi segitu berpengaruhnya bagi suatu negara.


Pertanyaannya adalah, apa Indonesia udah siap dengan sepak bola??


Kita bisa lihat waktu piala AFF 2010 kemarin. Semua orang dengan antusias pake baju merah berbondong-bondong ke stadion gelora bung karno, bahkan ada yang dari luar kota, mereka rela keluarin duit yang nggak sedikit buat nonton sepak bola. Bahkan aku sempet bertanya-tanya juga. Itu pertandingan mulainya abis maghrib, tapi mereka dateng dari sore. Di tengah kerumunan itu, kira-kira sempet nggak ya mereka sholat maghrib?? Ok, itu di luar konteks. Intinya kita bisa lihat dari situ, rasa kebersamaan kita buat mendukung timnas yang bisa diartikan juga sebagai semangat nasionalisme kita. Pada saat itu, semua orang seperti terkena demam bola. Kita sama-sama senang kalo Indonesia menang dan sama-sama sedih kalo kalah.


Ternyata heboh bola ini nggak Cuma di dunia nyata aja, tapi juga merambah ke dunia maya. Di facebook sama twitter semua orang ngomongin bola. Aku yang nggak bisa nonton bola aja bisa tahu jalannya pertandingan dari ngeliatin status-status orang di facebook dan timeline twitter. Bahkan waktu pertandingan final Indonesia lawan Malaysia, Indonesia sempet berhari-hari bikin trending topic di twitter. Dari mulai hashtag #malaysia cheat laser, #garuda fights back, #love Indonesia, #hate Malaysia sampai akhirnya orang-orang Malaysia bales bikin trending topic #love Malaysia. Akhirnya mulai lah perang kata antara orang-orang Indonesia sama Malaysia yang didominasi oleh abg-abg labil. Pokoknya kalo ketauan ada akun milik orang Malaysia yang nyela timnas Indonesia, langsung deh dia bakalan diserang balik sama akun-akun orang Indonesia. Fenomena ini bener-bener bikin geleng-geleng kepala. Karena trending topic ini bisa jadi bahan omongan bukan cuma pengguna twitter di Indonesia atau Malaysia, tapi juga di seluruh dunia! Jadi malu sendiri karena Indonesia bikin heboh kayak gitu. Sampai ada yang komentar


“ini baru piala AFF aja Indonesia udah jadi trending topic sebulan, gimana kalo kita masuk piala dunia? Bisa setahun kali jadi trending topic!”


Nah, bukan cuma kalo timnas tanding sebenernya, kita juga sering denger berita tentang supporter club yang heboh kalo club mereka tanding. Ada yang dari Surabaya, sengaja naik ke atap kereta ke Jakarta buat nonton club mereka yang tanding, tapi ujung-ujungnya tawuran sama supporter lawan. Dan ternyata aksi mereka yang naik ke atap kereta ini legal sodara-sodara! Jadi ternyata emang udah ada perjanjian antara pemda atau club asal mereka sama pihak KA buat mendanai transport mereka itu! Kok boleh ya?? Kenapa hal-hal yang potensial bikin rusuh malah dilegalkan? Nggak usah jauh-jauh, di Cilacap tempat aku tinggal ini juga sama noraknya. Kalo PSCS, club dari cilacap main, apalagi kalo menang, suporternya bener-bener bikin heboh. Mereka konvoi di jalan-jalan pake motor, suara gas n klakson dikeras-kerasin sambil teriak-teriak. Mungkin mereka lupa kalo waktu itu adalah maghrib, waktunya umat muslim ibadah. Jelas ini mengganggu banget!


Sekarang lagi tentang Nurdin Halid. Persoalannya lebih meluas mungkin karena kita udah muak sama koruptor, ditambah lagi emosi kita karena pengen sepak bola Indonesia maju. Pertanyaannya, apa yang sebenernya bikin sepak bola Indonesia nggak maju? Sekali lagi aku nggak ngerti tentang bola, tapi yang aku tahu adalah, kalo supporter bola kita masih ancur, pemain bola nggak disiplin, kebanyakan impor pemain dari luar, fasilitas yang minim ditambah lagi manajemen yang korup itulah yang bikin sepak bola kita nggak maju!so, nurdin halid is not the only one problem sodara-sodara!


Melihat kompleks-nya masalah tentang bola di Indonesia, aku jadi bertanya-tanya, sebenernya Indonesia ini udah siap atau belum dengan adanya sepak bola ini??jangan sampe negara kita jadi hancur cuma gara-gara sepakbola.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar